Fun With Nature :D

Pada hari Minggu tanggal 30 Agustus, aku mengikuti acara "The Jungle Survival". Itu adalah acara yang diselenggarakan oleh Vihara Vimalakirti bersama anak-anak Gempar di Untan (Universitas Tanjungpura). Tapi, acara ini adalah acara untuk umum. Lebih tepatnya untuk anak-anak generasi muda sih... 

Pertama, kami ada perkenalan dulu. Setelah itu, ada penjelasan bagaimana cara bertahan hidup di alam. Penasaran kan? Itulah akibatnya kalau kemarin tidak ikut! :D Kemudian, ada juga cara mendirikan tenda dan membuat api unggun. 

Selama ini, aku itu suka bikin tenda (maksudnya tenda jadi-jadian. Pakai selimut dan selotip). Ketika melihat cara membuat tendanya, jadi kebayang deh, susahnya bikin tenda. Kemudian, kalau membuat api unggun itu harus pakai kayu yang kecil dulu, baru pakai yang besar. Terus, gak boleh tutup semua pakai kayu, harus dikasih rongga dulu. Kalau gak dikasih rongga apinya akan mati. Seperti lilin yang ditutup pakai gelas, lama-kelamaan pasti akan mati.

Habis penjelasan, kami makan siang dan dilanjutkan dengan masuk ke hutan untuk praktek. Oh ya, kami dibagi menjadi 4 kelompok. Tapi, tempat untuk membuat tenda dan api unggunnya beda-beda. Jadinya, gak menumpuk.

Aku kebagian untuk membuat tenda. Bikin tenda itu sussaaaaaaaaaahhhhh sekali! Kalau ikatnya gak kuat, tendanya bisa roboh. Terus, kalau mau menancapkan kayu untuk mengikat tendanya itu harus memakai kekuatan gajah. Tanahnya itu keras, gak seperti tanah pasir. Harus ditancapkan benar-benar. Aku saja sudah berkali-kali menjatuhkan kayunya. 

Bagi yang membuat api unggun, mereka itu harus menjaga agar apinya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Kalau terlalu kecil, apinya gak jadi. Kalau terlalu besar, apinya bisa keluar dari kayunya, dan kalau gak diperhatikan itu, bisa menyebabkan kebakaran besar!

Setelah api unggunnya sudah pas, mereka mulai membakar pisang. Haha... Kalian pasti bingung kan? Masa pisang dibakar? Yang ada pisang rebus sama pisang goreng... Rasanya ituuu... kayak rasa ubi! Ubi tawar! :D

Seru sih, ikut acara ini, kita bisa belajar bekerja sama dan akhirnya, kita akan mendapatkan hasil yang memuaskan !



 Seru kan acara GM kali ini? Makanya, kalau ada acara GM lagi ikut yaaa!


Komentar

Postingan Populer