KALBE JUNIOR SCIENTIST AWARD 2013



Aku senang sekali ketika masuk ke dalam 18 finalis KJSA (Kalbe Junior Scientist Award) dari 665 buah hasil karya teman-teman SD kelas 4 sampai kelas 6 di seluruh Indonesia. Aku membuat hasil karya berjudul “JEMBATAN KAPUAS SIAGA”.Gunanya itu untuk mencegah masuknya air asin mencemari air tawar dengan pintu jembatan yang dapat dibuka tutup sesuai keperluan.


Kami (18 finalis) diundang ke Jakarta dari tanggal 26 Agustus2013 sampai 30 Agustus  2013. Aku ada mengikuti acara antara lain: pergi ke pabrik Kalbe, penjurian final yang berupa presentasi dan praktek percobaan, dan ke TMII dalam rangka HARTEKNAS (Hari Teknologi Nasional) yang dihadiri oleh Pak SBY dan Pak Habibie.


Pada waktu ke pabrik Kalbe, kami melihat pembuatan obat-obat. Baunya itu bau obat! Wah, aku bisa membayangkan jika setiap hari aku bekerja di sana. Aku bisa pusing tujuh keliling nih.


Sewaktu penjurian, aku agak sedikit takut.Takut salah dan tak bisa menjawab pertanyaan juri. Jurinya ada 5 orang dan semuanya orang ahli yang bergelar. Menurutku, aku bisa menjawab semua pertanyaan juri. Tapi aku tidak tahu apakah bisa lolos apa tidak. Ya, pasrah sajalah. 


Malam sebelum 18 finalis berpisah, aku ada mempersembahkan nyanyian loh. Tapi, suaraku sumbang karena aku kurang minum air. Walaupun begitu, aku bisa menyanyikannya sampai selesai. Aku juga mempersembahkan bunga origami buatanku untuk Dr. Boen (pemilik Kalbe).


Aku menantikan pengumuman pemenang di Pontianak. Ternyata, presentasiku berhasil dan aku masuk ke dalam 9 besar pemenang KJSA 2013. Aku senang sekali.


Aku diminta untuk memamerkan hasil karyaku di KJSF (Kalbe Junior  Science  Fair) pada tanggal 20  - 22 September 2013 di Ancol. Tepatnya di Kalbe City .Aku memamerkan hasil karyaku yang sudah diduplikat oleh PT Iptek di both yang berbentuk kapal selam.


Acaranya asik banget. Pengunjungnya sampai 40.000 orang. Banyak banget yang datang ke both ku. Saking banyaknya, aku sampai tidak sempat makan! Soalnya hanya aku sama guru pembimbingku, Bu Ami yang menjaga. Suaraku juga sudah habis karena terlalu banyak menjelaskan hasil karyaku kepada orang-orang. Selain pameran sains, ada juga kompetisi matematika, IPA, computer dan robotic.


Banyak orang yang datang ke bothku. Di antaranya ada menteri kelautan dan perikanan,  menteri riset dan teknologi, wakil gubernur DKI Jakarta, dan profesor dari Swedia. Aku juga ada ketemu artis loh. Selain itu, ada juga anak TK yang membuat seisi bothku hancur.


Selain mendapat hadiah 10 juta, aku mendapat hadiah pergi ke Singapura. Aku ada pergi ke Science  Center of Singapore, Snow City, rumah coklat, dan lain-lain.


Pokoknya, acaranya seru-seru deh…

Teman-teman mau tahu acaranya seperti apa?

Jangan lupa untuk ikut tahun depan, ya!!!

Komentar

Postingan Populer