Kensyu Keluarga Ketapang 2016 (part 1)

Pada tanggal 26 Februari 2016, aku, mama, dan ama pergi ke Ketapang untuk mengikuti Kensyu keluarga yang akan dilaksanakan keesokan harinya. Kami berangkat pada pukul 16.40 karena pada pagi harinya sekolahku ada kegiatan PenSi.

Pesawatnya ternyata terlambat beberapa menit. Kami masuk ke pesawat. Pesawatnya pakai baling-baling loh! Kami memakai pesawat baling-baling karena bandara Rahadi Oesman di Ketapang tidak mampu menampung pesawat yang begitu besar. Tempat duduk pesawatnya juga hanya 4 buah perbaris.

Pesawatnya gak membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke Ketapang. Tepatnya 34 menit. Setelah sampai di bandara Rahadi Oesman, kami mengambil bagasi dan dijemput oleh orang wihara yang aku gak terlalu kenal juga. He... He... He...

Kami sampai di Hotel Glennys, yaitu tempat kami menginap selama 2 malam. Kami menaruh tas dan beristirahat sebentar. Tak lama, kami dijemput oleh tua kou (kakak perempuan dari suami adik mamaku). Mama mengusulkan untuk pergi ke cafe teman mamaku, Pawan Cafe.

Sesampainya di sana, kami memesan makanan. Aku memesan Spaghetti Bolognese dan Sup Tom Yam. Makanannya enak juga koq. Kalau kalian ke Ketapang, bisa mampir ke sana juga loh...

Setelah itu, mama mau bertemu beberapa teman lama mama yang tinggal di ketapang dan langsung berangkat ke Hypermart City Mall.

Setelah dari City mall, kami kembali ke hotel dan tidur.

Tanggal 27 Februari 2016, aku bangun dan bersiap-siap. Setelah itu, kami dijemput lau kou untuk pergi sarapan (Di hotel Glennys memang tidak ada menyediakan sarapan). Kami pergi makan kue kia theng di dekat hotel. Kue kia theng adalah seperti kuetiau namun lebih besar. Sup tersebut diberi daging dan jeroan. Rasanya enak...

Setelah makan kue kia theng, kami mampir ke rumah ama (ibu dari suami adik mama). Kami berbincang-bincang sebentar dan melanjutkan perjalanan ke pantai yang aku lupa namanya.

Perjalanan ke sana gak jauh koq, kira-kira setengah jam aja. Setelah sampai, kami makan ale-alenya. Enak loh... Cuma, sayangnya, kami tidak bisa menangkap ale-alenya karena air lautnya terlalu dalam. :"(

Setelah itu, kami ke pantai satunya lagi. Disana ada beberapa jenis binatang (Monyet, kelinci, kura-kura, dll). Aku sempat jalan-jalan di sekitar pantainya.

Kami berada di pantai kira-kira hampir 1 jam. Kami pun kembali karena akan mengikuti kensyu keluarga tak lama lagi.

Kensyu keluarga dibuka dengan beberapa acara yang seru dan lucu. Kemudian, ada sesi fenomena yang membahas masalah keluarga yang dialami berbagai orang dengan berbagai usia.

Keesokan harinya, kami ada sarapan bubur ayam di vihara. Kemudian, dilanjutkan dengan gongyo pagi (berdoa). Selesai gongyo, kami pun turun ke bawah karena ada game. Gamenya banyak banget dan seru-seru.

Dilanjutkan lagi dengan sesi fenomena yang membahas keluarga, seperti kemarin juga. Setelah fenomena, kami makan siang dan menunggu jemputan ke bandara.

Aku menunggu jemputannya sambil main game. Kalau mama sih, sibuk ngomong. Tak lama kemudian, jemputannya datang. Kami ke bandara dan naik pesawat.

Bye Ketapang! I will miss you!